Rekor! Berlian Jingga Terbesar di Dunia Terjual 35,5 Juta Dollar AS

                                                                GENEVA, KOMPAS.com —
Satu berlian jingga yang langka dan diketahui sebagai permata terbesar di dunia untuk jenisnya terjual dengan harga yang memecahkan rekor, yaitu sebesar 35,5 juta dollar AS pada saat lelang di Geneva, Selasa (12/11/2013) waktu setempat.
   
"Ini merupakan harga rekor dunia untuk sebuah berlian jingga, harga rekor dunia juga untuk setiap karat berlian berwarna," kata rumah lelang Christie.


"Harga yang hebat, sangat bagus," tambahnya.


Membayar berlian itu seperti layaknya membeli karya lukisan Picasso atau Van Gogh. Harga per karatnya mencapai 2,4 juta dollar AS, mengalahkan penjualan berlian sebelumnya seharga 2,15 juta dollar AS per karat untuk berlian merah muda menyala yang terjual di Hongkong tahun 2009.

"Kembali ke aula, 29 juta franc, 23 juta euro. Terjual!" kata juru lelang Christie tentang permata berbentuk seperti buah almond di tengah aula lelang pada sebuah hotel mewah yang dipenuhi sekitar 200 orang.

Harga keseluruhan nantinya masih harus ditambah pajak dan komisi sebesar 4,04 juta dollar AS.

Pria yang memenangkan lelang segera berdiri dan meninggalkan ruang yang gemuruh oleh tepuk tangan. Christie tidak mengungkapkan jati diri si pembeli.

Permata berwarna jingga tua itu ditemukan di Afrika Selatan, berbobot 14,82 karat dan mendapat peringkat tertinggi dalam kelas berlian berwarna menyala dari Institut Batu Permata Amerika (GIA).

Berlian jingga murni yang juga dikenal dengan sebutan "berlian api" sangat jarang dikenal hanya sedikit yang dilelang, dan biasanya tidak lebih dari enam karat. "Memiliki sebutir yang berukuran lebih dari 14 karat adalah perkecualian," kata direktur perhiasan internasional Christie, David Warren, kepada AFP.

Pada 1990, sebutir berlian berwarna kuning jingga dengan ukuran 4,77 karat terjual seharga 3,92 juta dollar AS dan pada 1997 berlian berwarna jingga labu menyala dengan bobot 5,54 karat laku seharga 1,32 juta dollar AS.
   
Christie semula memperkirakan "Si Jingga" itu bakal terjual antara 17-20 juta dollar AS.